Trend Pemasaran Online Ini Akan Mendominasi di Tahun 2015

Trend Pemasaran Online 2015

Wow! Tidak terasa tahun sudah baru, dari 2014 menjadi 2015. Mudah-mudahan segala sesuatu yang terjadi padaku dan kawan-kawan semua di tahun ini ikut terbaharukan dalam segala hal (yang baik-baik). Amin! 🙂

Tepat menginjak tanggal pertama pada tahun baru 2015, semangat menulis pun tak bisa dibendung lagi.

Sebagai petani internet, tentu kawan-kawan sudah tahu bahwa kegiatan berinvestasi secara berkala sangat dibutuhkan, tidak hanya berbentuk uang untuk keperluan tools, melainkan pengetahuan juga sangat penting, terlebih mengingat bisnis internet adalah bisnis yang perubahannya cepat sekali.

Pengetahuan apa yang dimiliki hari ini bisa jadi sudah tidak relevan dan kuno untuk bulan depan. Maka untuk terus mengikuti, kita dituntut untuk selalu awas kepada keadaan yang sedang terjadi di pasar dunia maya. Karena jika merasa sudah pintar dan serba tahu, siap-siap tergilas roda persaingan. Stay foolish stay hungry, demikian kutipan Steve Jobs. 🙂

Berbicara investasi pengetahuan terkait dunia bisnis internet atau internet marketing yang sedang terjadi, aku selalu meluangkan waktu paling tidak satu jam sehari untuk sekedar mengintip apa yang sedang terjadi di bisnis internet dengan cara menengok-nengok berita atau berkunjung ke blog yang berhubungan, kebetulan aku menemukan tulisan yang sangat informatif sekali dan patut untuk disimpan atau dibagikan ulang.

Seperti dilansir dari russellsgroup.com, bahwa ada beberapa trend pemasaran online yang diprediksi akan mendominasi di tahun 2015 sekarang ini. Berikut di antaranya :

1. Konten Masih Menjadi Raja.

Saat ini perusahaan dapat membangun kepercayaan kepada konsumen dengan menciptakan konten yang orisinil secara konsisten melalui berbagai media. Biasanya, informasi yang ditampilkan berupa penyampaian wawasan yang bermanfaat atau hanya sekedar hiburan yang relevan.

Contoh : apabila Anda memiliki perusahaan sepatu, maka Anda dapat membuat blog (sebagai medianya) dan menulis artikel di dalamnya (konten) seperti, “Cara Memilih Warna Sepatu yang Tepat untuk Presentasi.”

Hal tersebut bertujuan selain untuk mengedukasi, juga sebagai sarana untuk terus membangun hubungan dengan calon/pelanggan Anda. Seperti yang disimpulkan Content Marketing Institute, bahwa strategi konten marketing B2B terdiri atas media sosial, artikel pada sebuah situs web bisnis, eNewsletters, studi kasus, video.

2. Media Sosial Menjadi Bagian Marketing yang Paling Penting

Akan selalu bertumbuhan situs media sosial baru setiap waktunya. Situs-situs tersebut memiliki fitur yang memungkinkan para penggunannya menciptakan konten menarik jauh lebih baik dari sebelumnya.

Akibatnya, sangat memudahkan perusahaan untuk membuat jaringan-jaringan lebih cepat dengan tujuan mencapai jumlah maksimum konsumen. Diversifikasi ini tampaknya membuktikan manfaat bagi banyak perusahaan karena sering membangun ekuitas merek dengan membuat konsumen lebih mudah mengenali merek tertentu.

3. Perangkat Mobile Makin Diminati

Setiap divisi marketing di dalam organisasi perusahaan harus siap memperhatikan baik-baik hal ini, apakah itu dengan menciptakan aplikasi website versi mobile atau menggunakan desain web yang responsif, sangat penting untuk memberikan pengalaman positif bagi pengguna yang browsing melalui perangkat mobile.

Apabila tidak mengikuti, maka akan semakin jauh tertinggal, mengingat untuk saat ini pengguna ponsel dan smartphone semakin banyak. Bahkan menurut Forbes, 87% dari pasar perangkat pintar di seluruh dunia akan dikuasai oleh tablet dan smartphone, sisanya adalah untuk laptop dan desktop.

4. SEO dan Social Signal Akan Menjadi Lebih Terjalin

Meskipun Social Signal biasanya masih tidak membawa beban yang sama dengan inbound link tradisional, tapi hal itu dapat berperan dalam peringkat pencarian organik. Karena pada dasarnya tujuan dari Google dan mesin pencari lainnya adalah untuk menyajikan informasi kepada pengujung dengan kualitas konten yang paling berhubungan (nyambung dengan apa yang dicari pengunjung).

Semakin banyak orang yang berbagi dan menyukai sebuah konten, kualitas yang lebih tinggi sangat mungkin untuk didapatkan, dan karena itu posisi harus ditingkatkan di mesin pencari. Bukan kebetulan kalau hasil pencarian peringkat paling atas cenderung memiliki banyak para pembaca yang menyukai dan membagikannya, berlaku kebalikannya.

Demikian tulisan di blogku kali ini. Terima kasih, semoga bermanfaat. 🙂

01. January 2015 by Ari Komarudin
Categories: Uncategorized | 2 comments

Comments (2)

Leave a Reply

Required fields are marked *